Selasa, 11 November 2008

Din Syamsudin Tunggu Sidang Tanwir Muhammadiyah


Jawa Pos. Minggu, 09 November 2008

Din Syamsudin Tunggu Sidang Tanwir Muhammadiyah

JAKARTA - Keinginan Partai Matahari Bangsa (PMB) mengajukan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin sebagai capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009 sudah bulat. Namun, partai pecahan PAN itu tetap menyerahkan keputusan akhirnya kepada Sidang Tanwir Muhammadiyah.

Sekjen PMB Ahmad Rofiq menyatakan, keputusan menunggu Tanwir Muhammadiyah itu untuk memenuhi kode etik ormas Islam terbesar kedua di Indonesia tersebut. Menurut dia, setiap kader yang ingin terjun di dunia politik sudah seharusnya berbekal keputusan dari sidang pengurus tersebut.

''Kalau sudah turun, pasti segera kami minta beliau (Din Syamsuddin, Red) deklarasi,'' ujar Rofiq di Jakarta Jumat (7/11).

Meski demikian, dia menyatakan bahwa Din tak perlu mundur sebagai ketua umum PP Muhammadiyah seandainya jadi maju sebagai capres. Sebab, tidak ada aturan organisasi yang mewajibkan seorang ketua umum mundur saat mencalonkan diri dalam sebuah jabatan politik. ''Yang ada, cukup mengajukan cuti,'' ujarnya.

Sehari sebelumnya, mantan ketua PP Muhammadiyah Amien Rais menyatakan, Din harus mundur kalau benar-benar akan maju sebagai capres. Alasannya, menurut ketua Dewan Penasihat DPP PAN itu, agar Muhammadiyah tak ikut terseret-seret dalam arus politik praktis.

Rofiq menyebutkan, aturan cuti itu sudah ditetapkan surat keputusan pimpinan Muhammadiyah. ''Jadi, tidak ada halangan sama sekali untuk maju kalau warga Muhammadiyah telah mendukung pencalonan beliau,'' paparnya. (dyn)

http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=34579

Tidak ada komentar: