Kamis, 11 September 2008

PMB Merapat ke Khofifah

13 Agustus 2008

Jakarta, Menjelang pelaksanaan putaran kedua pemilihan gubernur Jawa Timur (pilgub Jatim), dukungan terhadap pasangan Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (KaJi) terus mengalir, salah satunya dari Partai Matahari Bangsa (PMB).

Ketua Umum PMB Imam Addaruquthni, di Jakarta, Selasa (12/8), membenarkan bahwa partainya kini tengah merapat pada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub/cawagub) yang diusung Koalisi Jatim Bangkit tersebut. "Setelah mempertimbangkan berbagai hal, termasuk fakta di lapangan, PMB memilih merapat ke KaJi," katanya.

Menurut Imam, realitas menunjukkan siapa pun yang akan terpilih, yang menang adalah NU, karena pada dua pasangan kandidat yang akan bertarung pada putaran dua masing-masing terdapat kader NU yakni Khofifah dan Saifullah Yusuf.

Jika PMB memilih merapat ke KaJi, kata Imam, karena Khofifah merupakan calon gubernur sedangkan Saifullah Yusuf posisinya sebagai cawagub. Sehingga, bagi PMB, lebih strategis mendukung kader NU yang menjadi cagub.

Menurut Imam, kekuatan PMB di Jatim cukup signifikan. Jatim merupakan salah satu basis kekuatan partai yang akan maju dalam pemilihan umum (pemilu) 2009. Setidaknya, kata Imam, tambahan dukungan dari PMB akan memberi warna dan darah segar bagi pasangan KaJi di putaran kedua nanti.

Selain itu, lanjut Imam, pilgub putaran kedua di Jatim juga menjadi ajang pemanasan bagi PMB untuk menghadapi pemilu 2009. Kekuatan PMB di Jatim akan dikonsolidasikan dalam pemilihan kepala daerah sekaligus dipersiapkan untuk mendulang suara dalam pemilu. "Jadi ini semacam simbiosis mutualisme," kata Imam. [EL, Ant]

http://www.gatra.com/2008-08-14/artikel.php?id=117441

Tidak ada komentar: