Senin, 20 September 2010

Kelompok Tua-Muda Jagokan Kandidat Ketua PWM Jatim


Surabaya - Kelompok tua dan muda tampaknya sama-sama mempunyai kandidat Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim yang dijagokan untuk periode 2010-2015.

"Ada lima yang pantas yakni Ahmad Zainuri, Muhadjir Effendy, Muamal Hamidi, Tohir Luth, dan Nurcholis Huda," kata Ketua PWM Jatim Prof Syafiq A Mugni kepada ANTARA di Surabaya, Senin.

Syafiq yang kini menjadi salah satu Ketua PP Muhammadiyah itu mengemukakan hal tersebut ketika ditanya tentang calon pimpinan Muhammadiyah Jatim dalam Musywil ke-14 di Jember pada 9-10 Oktober mendatang.

"Tapi, saya terserah kepada pimpinan daerah dan cabang se-Jatim, siapa yang pantas, karena proses penjaringan calon masih berlangsung hingga kini," katanya.

Secara terpisah, pegiat/aktivis Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Jatim Syafrudin Budiman menilai PWM Jatim sudah saatnya meniru PWM Jateng yang menampilkan tokoh-tokoh muda.

"Kalau tokoh muda Muhammadiyah, saya kira Prof Zainuddin Maliki yang merupakan rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya dapat mewakili anak-anak muda," katanya.

Sementara itu, Sekretaris PWM Jatim Nadjib Hamid mengatakan panitia sudah menghimpun 87 calon sementara.

"Calon terkuat memang berkisar nama-nama seperti Nurcholis Huda, Muhadjir Effendy, Thohir Luth, Achmad Jainuri, Muammal Hamidy," katanya.

Ia menambahkan pemilih dalam Musywil Muhammadiyah untuk periode 2010-2015 berjumlah 1.278 orang yang terdiri dari 12 anggota PWM Jatim, 14 wakil organisasi otonom (ortom), 150 wakil pimpinan daerah (kabupaten/kota), dan 1.100 wakil pimpinan cabang (kecamatan).

"Agenda musywil antara lain pemilihan 13 anggota pimpinan dan penggantian ketua," kata Nadjib Hamid yang juga komisioner KPU Jatim itu. (ant)

Tidak ada komentar: