Senin, 19 Januari 2009

Hamas: Kita Menang, Damai Lebih Bijak

Politik
20/01/2009

Hamas: Kita Menang, Damai Lebih Bijak

Ismail Haniyah

Pemimpin Hamas Ismail Haniyah menilai serangan tiga pekan yang dilakukan Israel di Jalur Gaza adalah sebuah kegagalan. Namun, ia menilai akan lebih bijak jika organisasinya mempertimbangkan untuk menyatakan gencatan senjata.


“Musuh kita telah gagal mencapai tujuannya,” ucapnya dalam pidato kemenangan Hamas, seperti disiarkan televisi Hamas dan dikutip Haaretz, Senin (19/1).


Menurutnya, perang di Gaza yang telah memakan korban 1.300 jiwa warga Gaza and 13 tentara Israel adalah sebuah kemenangan Palestina. Namun, pertimbangan untuk melakukan gencatan senjata sejak Minggu (18/1) adalah hal bijak dan patut diperhitungkan.


Hamas sebelumnya juga telah mengumumkan gencatan senjata kepada para militannya di Gaza. Mereka juga memberi kesempatan kepada Israel untuk menarik pasukannya dari garis teritori.


“Kami menyatakan bahwa perlawanan rakyat Palestina di Jalur Gaza akan dihentikan. Kami juga meminta keberadaan pasukan musuh (Israel) harus ditarik dari Gaza selama sepekan,” kata tokoh Hamas di Damaskus Moussa Abu Marzouk. [nuz]


inilah.com

Tidak ada komentar: