Minggu, 04 Januari 2009

Survei LSI: Demokrat Pemenang Pemilu

Jakarta - Siapa pemenang pemilu jika pencoblosan dilakukan hari ini? Hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, Partai Demokrat akan mengalahkan PDIP dan Partai Golkar.

"Demokrat naik karena citra partai di mata publik, kepemimpinan SBY, evaluasi atas kondisi makro dan kebijakan pemerintah, serta kampanye yang gencar lewat media massa," kata Direktur eksekutif LSI Saiful Mujani dalam pemaparan hasil survei di Jakarta, Minggu (4/1).

Saiful menjelaskan, dari hasil survei yang digelar 10-22 Desember 2008 lalu, Partai Demokrat menjadi partai yang dipilih paling banyak oleh responden dengan persentase 23 persen. "Posisi ini merupakan kenaikan berlanjut sejak September 2008," ujarnya.

Di posisi kedua, menyusul PDIP dengan persentase 17 persen pemilih. "PDIP mengalami rebound atau naik kembali dari sebelumnya 14 persen pada tiga bulan sebelumnya," imbuh Saiful.

Sementara Golkar, lanjut Saiful, terus mengalami tren negatif. Data menunjukkan pemilih Golkar hanya mencapai 13.3 persen saja. "Ini merupakan penurunan terendah dalam sejarah," katanya.

Sedangkan untuk partai-partai baru, data LSI menemukan belum terjadi lonjakan signifikan. Partai Hanura misalnya masih berada di kisaran 1,3 persen. Demikian juga dengan Partai Gerindra yang setia di kisaran 3-4 persen.

Metodologi survei dilakukan dengan wawancara tatap muka 2.200 sampel yang dipilih dari responden seluruh warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dalam Pemilu 2009 yang berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah.

Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik multistage random sampling. Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95 persen dengan margin of error sebesar 2,2 persen.[dil]

inilah.com

Tidak ada komentar: