Senin, 19 Januari 2009

Koalisi Parpol Islam Karena Kepentingan

Politik
19/01/2009

Jakarta – Partai politik Islam yang akan bertarung di Pemilu 2009 diperkirakan masih akan melakukan koalisi. Hanya saja, koalisi yang akan terjadi bukan karena kesamaaan ideologi yang diusung, namun lebih kepada kepentingan yang sama.


Menurut pengamat politik Universitas Airlangga, Surabaya, Airlangga Pibadi, proses koalisi yang berlangsung bisa saja karena identitas atau aliran politik. Namun, alasan itu bukan menjadi hal utama parpol Islam berkoalisi.


"Jadi koalisi parpol Islam dan dengan parpol nasionalis karena political power yang besar," ucapnya, saat berbincang dengan INILAH.COM, di jakarta, Senin (19/1).


Ia tidak melihat adanya parpol Islam yang ideal. Sebab masing-masing parpol memiliki kelebihan dan kekurangan. Apalagi, kecenderungan parpol hanya menjalin hubungan dengan konstituen ketika menjelang pemilu. Sehingga, lanjutnya, selama pemilu belum diselenggarakan parpol seakan membiarkan konsitituennya.


"Parpol tidak mencoba merawat dan membangun hubungan yang erat agar parpol menjadi media atau katalis selama sebelum pemilu. Sehingga praktis parpol digunakan untuk kepentingan praktis elitenya untuk menuju kekuasaan," pungkasnya. [jib/nuz]

Tidak ada komentar: