Selasa, 03 Februari 2009

'70% Suara Muhammadiyah ke PMB'



Politik
02/02/2009

Semarang - Sekitar 60% hingga 70% suara Muhammadiyah diyakini akan beralih ke partai pecahan PAN yakni Partai Matahari Banagsa(PMB).

"Khususnya, Muhammadiyah yang bersifat non-struktural, yaitu warga Muhammadiyah," ujar Ketum PMB Imam Addaruqutni, di Semarang, Senin (2/2).

Keyakinan tersebut, tutur Iman, didasari pada antusiasme dan empati warga Muhammadiyah dalam menghadiri forum-forum yang diadakan PMB. "Antusiasme masyarakat, terutama warga Muhammadiyah terhadap PMB sangat besar, sehingga kita yakin mendapat porsi suara yang besar dari warga Muhammadiyah," katanya.


Apalagi, lanjut Imam, sebagian dari caleg PMB merupakan warga Muhammadiyah. Saat ini paling tidak terdapat sekitar 70% hingga 80% caleg PMB yang berasal dari unsur Muhammadiyah. "Karena yang pertama-tama mendukung memang dari unsur Muhammadiyah," ucapnya.

Meski begitu, tambah Imam, PMB tidak hanya menargetkan suara dari Muhammadiyah saja. Tapi juga berasal dari ormas lainnya seperti NU. "PMB tidak melihat golongan dan tetap terbuka terhadap unsur-unsur lain di luar Muhammadiyah, selama memiliki kepentingan bersama untuk mengubah kondisi kehidupan masyarakat," kata Imam.

Menurut dia, Muhammadiyah tidak pernah melarang atau membatasi aspirasi warganya harus berafiliasi dengan salah satu parpol tertentu. Oleh karena itu, Muhammadiyah membebaskan warganya untuk melakukan kegiatan politik apapun. "Tetapi dengan cara yang proporsional," pungkasnya. [*/jib]

Tidak ada komentar: