Rabu, 11 Februari 2009

Menlu Israel Unggul di Pemilu


Politik
11/02/2009

Tel Aviv - Hasil sementara pemilu parlemen Israel menunjukkan Menlu Tzipi Livni dan Partai Kadima unggul. Berdasarkan exit poll atau penghitungan cepat secara nasional, partai tersebut menang tipis dari partai konservatif Likud pimpinan mantan PM Benjamin Netanyahu.

Hasil survei yang dilansir Press TV, Rabu (11/2), itu menunjukkan Kadima kemungkinan menang sekitar 2 kursi lebih banyak ketimbang faksi oposisi Likud.


Kendati demikian, exit poll menyebutkan Partai Likud dan sekutunya memperoleh kursi mayoritas dalam anggota dewan. Mereka berhasil mengumpulkan 64 dari 120 kursi di parlemen (Knesset). Jika perolehan kursi Likud terus bertambah, maka Livni dan Kadima akan kesulitan membentuk pemerintahan koalisi.

Baik Kadima maupun Likud sama-sama menyatakan kemenangan, dan berharap memimpin pemerintahan berikutnya. Sementara partai yang menduduki tempat ke-3 adalah Yisrael Beiteinu yang sangat nasionalis. Partai ini dipimpin oleh Avigdor Lieberman yang banyak mengumpulkan suara dari Yahudi Rusia di negara tersebut. [vin/dil]

inilah.com

Tidak ada komentar: